Forum: Mempromosikan konservasi air aspek kunci dari pekerjaan PUB

Kami berterima kasih kepada Bapak Seah Yam Meng, Bapak Philip Siow, Bapak Ramamurthy Mahesh Kumar, Bapak Tan Kim Hock dan Bapak Foo Kwang Sai atas umpan balik dan saran mereka tentang desalinasi dan konservasi air (Fokus pada desalinasi sebagai keran utama, 8 Februari; Tindakan publik harus melengkapi upaya pemerintah, 12 Februari; Biaya bukan satu-satunya faktor yang perlu dipertimbangkan dengan desalinasi, 12 Februari; Kebiasaan rumah tangga kecil bisa bertambah banyak, 16 Februari; Tawarkan potongan harga kepada mereka yang menggunakan lebih sedikit, 16 Februari).

Sangat menggembirakan mengetahui bahwa keberlanjutan air adalah topik yang dekat dengan hati banyak orang dan bahwa ada kesadaran yang kuat bahwa kita tidak boleh menerima air begitu saja.

PUB berkomitmen untuk memastikan pasokan air yang beragam dan berkelanjutan melalui empat keran nasional kami: air tangkapan air, air impor, Newater, dan air desalinasi.

Newater dan air desalinasi menjadi semakin penting karena merupakan sumber tahan cuaca yang memperkuat keamanan air Singapura, terutama dalam menghadapi perubahan iklim. Pabrik desalinasi kelima kami di Pulau Jurong ditargetkan siap akhir tahun ini.

Konstruksi sedang berlangsung untuk fase kedua Deep Tunnel Sewerage System PUB – yang akan selesai pada tahun 2025 – yang selanjutnya akan meningkatkan tingkat daur ulang air bekas Singapura dan meningkatkan kemampuan kami untuk memproduksi Newater.

Tetapi bahkan ketika kita terus membangun kemampuan produksi air kita, permintaan air akan meningkat tak terhindarkan. Mempromosikan konservasi air tetap menjadi isu utama bahwa PUB telah menginvestasikan upaya yang cukup besar, dalam bentuk kampanye pendidikan publik yang bertujuan untuk menempa budaya hemat air yang kuat di Singapura, dan forum bagi industri untuk berbagi pengalaman mereka dalam daur ulang air.

PUB telah meningkatkan upayanya untuk menjangkau rumah tangga, bisnis, industri, dan kaum muda.

Sejak 2007, lebih dari 350 industri dan bisnis telah mengurangi kebutuhan air mereka hingga 50 persen melalui upaya daur ulang dan proses hemat air.

Adalah penting bahwa anak-anak menumbuhkan kebiasaan air yang baik sejak usia muda. Kami telah bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk mengadakan latihan penjatahan air selama kampanye konservasi air tahunan kami, dengan siswa dari lebih dari 100 sekolah mengambil bagian pada Maret 2019.

Kami baru-baru ini meluncurkan maskot baru Water Sally bersama Water Wally yang ikonik, dan seri buku cerita baru yang akan didistribusikan ke hampir 1.800 pra-sekolah untuk sesi mendongeng di kelas. Kami juga berkolaborasi dengan merek pendidikan anak-anak terkenal Pinkfong untuk menghasilkan sebuah lagu untuk memperkuat nilai air.

Selama dua dekade terakhir, kami telah membuat langkah signifikan dalam mendorong rumah tangga untuk mengurangi konsumsi air mereka. Pada 2019, konsumsi harian mencapai 141 liter per orang. Tujuannya adalah untuk mengurangi ini menjadi 130 liter pada tahun 2030.

Tahun ini, kampanye konservasi air PUB bulan depan akan fokus pada perubahan iklim dan dampaknya terhadap keberlanjutan air Singapura.

Seperti yang ditunjukkan oleh Mr Tan, setiap sedikit membantu – bahkan kebiasaan kecil seperti mematikan kamar mandi saat menyabuni dapat membuat perbedaan. Setiap individu dapat berperan untuk memperkuat ketahanan iklim Singapura dengan menggunakan air secara bijak dan membuat setiap tetes berarti.

Ridzuan Ismail, Direktur, Departemen Air Minum (Jaringan),

PUB, Badan Air Nasional Singapura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *