Reruntuhan Maya Travel Guide • The World Travel Guy

1.4K

Kota kuno Copan adalah salah satu kota terpenting bagi peradaban Maya di Amerika Tengah, dan hari ini ‘Copan Ruinas’ adalah salah satu reruntuhan Maya terbaik yang dapat Anda lihat di Honduras!

Pada kunjungan ke Copan, Anda dapat melihat ukiran, kuil, dan reruntuhan yang rumit dikelilingi oleh hutan, dan bahkan ada burung beo berwarna-warni terbang di sekitar pepohonan! Tempat ini adalah rumah bagi bangsa Maya selama lebih dari seribu tahun, dan baru ditemukan kembali pada abad ke-16.

Situs arkeologi Copan Ruinas terletak di sebelah kota kuno namun modern dengan nama yang sama, dan Anda dapat pergi ke sana dalam perjalanan sehari (atau lebih lama) dari San Pedro Sula di Honduras, serta dari tempat lain di Amerika Tengah, termasuk Guatemala atau El Salvador.

Panduan perjalanan ini akan menjelaskan bagaimana menuju ke Copan Ruinas dengan bus atau tur, apa yang diharapkan ketika mengunjungi reruntuhan Maya, bagaimana melihat burung beo, dan semua hal lain yang perlu Anda ketahui sebelum Anda pergi!

Contentshide1)Di Mana Lokasi Copan?2)Cara Menuju Copan Ruinas Honduras3)Tur Copan Ruinas Terbaik4)Cara Menuju Reruntuhan Maya Di Copan5)Copan Maya Ruins: Apa yang Diharapkan6)• Hal Terbaik Untuk Dilihat Di Copan Ruinas7)• Burung Beo Di Copan Ruinas8)• Biaya Masuk9)• Jam Buka10)Waktu Terbaik Untuk Mengunjungi Copan Ruinas Honduras11)Sejarah Copan Ruinas Honduras12)Apakah Copan Ruinas Aman?13)Tips Lain Untuk Copan Ruinas Honduras14)Apakah Copan Ruinas Layak? 15) Lebih Banyak Hal Yang Dapat Dilakukan Di Copan Ruinas16) Lebih Banyak Tips
Perjalanan Amerika Tengah

Di manakah lokasi Copan?

Copan Ruinas adalah sebuah kota yang terletak di Honduras barat, dekat perbatasan Guatemala. Reruntuhan Maya dengan nama yang sama terletak tepat di luar kota.

Jarak ke kota Copan Ruinas dari San Pedro Sula hanya sekitar 180 kilometer (110 mil) saat burung gagak terbang, tetapi perjalanan memakan waktu setidaknya 4 jam karena jalan yang berliku dan bergelombang.

Cara Menuju Copan Ruinas Honduras

Cara terbaik untuk sampai ke kota Copan Ruinas adalah dengan bus, mobil, atau tur.

Sayangnya, tidak ada bandara untuk terbang langsung ke Copan Ruinas. Pemerintah Honduras membangun bandara di sana pada tahun 2015, tetapi tidak pernah dibuka.

Tempat terdekat Anda dapat terbang di Honduras adalah San Pedro Sula (kode: SAP), jika tidak, Anda juga dapat mengunjungi Copan Ruinas melalui darat dari Guatemala atau El Salvador. Anda dapat berbelanja penerbangan di Amerika Tengah di Skyscanner.

Dari Tegucigalpa atau San Pedro Sula, Anda dapat naik bus Hedman Alas ke Copan Ruinas. Ini non-stop dan ber-AC. Ulasan beragam tentang kualitas layanan mereka, jadi jangan berharap mewah, tetapi ini adalah cara termurah untuk sampai ke Copan Ruinas, dan setidaknya tampaknya aman.

Anda dapat membeli tiket bus di situs web Hedman Alas.

Copan Ruinas Honduras — Reruntuhan Maya

Pilihan lain untuk sampai ke Copan Ruinas adalah dengan menyewa mobil dan menyetir sendiri, atau menyewa sopir pribadi untuk membawa Anda ke sana.

Saya tidak akan merekomendasikan mengemudi sendiri kecuali Anda sudah terbiasa mengemudi di Amerika Tengah. Jalan-jalan menuju Copan Ruinas kasar, dengan banyak lubang dan kurang dari pengemudi bintang.

Trifinio Tours dapat menyediakan transfer satu arah ke kota Copan Ruinas dari San Pedro Sula, serta dari tempat-tempat di Guatemala atau El Salvador, meskipun ini hanya masuk akal jika Anda berencana untuk tinggal di kota selama lebih dari satu atau dua hari.

Jika tidak, paket wisata sehari dapat menjadi salah satu cara termudah dan paling efisien untuk mengunjungi Copan Ruinas, karena mencakup semua transportasi dan segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk pergi melihat reruntuhan dan kemudian melanjutkan perjalanan Anda. Saya akan mencantumkan beberapa opsi tur yang bagus di bawah ini.

Tidak peduli bagaimana Anda memilih untuk sampai ke Copan Ruinas, itu juga ide yang baik untuk menyewa pemandu lokal untuk menunjukkan Anda di sekitar reruntuhan Maya dan menjelaskan semua yang Anda lihat. Seluruh pengalaman lebih berharga seperti itu!

Copan Ruinas terkenal dengan ukirannya yang rumit

Tur Reruntuhan Copan Terbaik

Berikut adalah beberapa pilihan bagus jika Anda ingin mengunjungi Copan Ruinas dengan paket wisata:

Kami telah menggunakan Viator dan GetYourGuide untuk banyak tur dan aktivitas di seluruh dunia, dan semuanya luar biasa. Sangat dianjurkan!

Cara Menuju Reruntuhan Maya Di Copan

Begitu Anda tiba di kota Copan Ruinas, mudah untuk sampai ke reruntuhan Maya. Mereka hanya jarak pendek di luar kota, sekitar satu kilometer dari pusat kota Copan Ruinas.

Anda dapat berjalan kaki ke reruntuhan dari kota dalam waktu sekitar 15 menit, atau Anda dapat menyewa taksi tuk-tuk untuk menurunkan Anda di sana untuk beberapa Dolar AS. Saya pikir tuk-tuk adalah cara terbaik untuk pergi karena sangat murah dan mudah.

Atau, jika Anda memesan tur untuk Copan Ruinas, mereka akan membawa Anda langsung ke reruntuhan sehingga Anda dapat segera memulai jalan-jalan.

Reruntuhan Maya Copan: Apa yang Diharapkan

Reruntuhan Copan tersebar di area yang cukup luas di taman arkeologi, dengan kuil, patung, tangga, terowongan, area perumahan, lapangan bola, dan bahkan kuburan dan museum.

Anda dapat melihat sorotan utama taman dalam waktu sekitar 2 jam atau lebih, meskipun jika Anda benar-benar menikmati sejarah Maya dan meluangkan waktu untuk melihat museum dan terowongan di Copan, maka saya yakin Anda bisa menghabiskan lebih lama.

Seluruh area mudah dilalui dengan berjalan kaki. Sebagian besar waktu, Anda akan berjalan di atas rumput atau batu datar. Perhatikan saja langkah Anda jika Anda menaiki tangga, karena beberapa di antaranya kasar dan tidak rata.

Sementara reruntuhan Maya lainnya seperti Tikal dan Chichen Itza terutama dikenal karena bangunannya yang mengesankan, reruntuhan Copan penuh dengan ukiran indah dan hieroglif kuno!

Wajah kadal di reruntuhan Maya

Lapangan bola di Copan

• Hal Terbaik Untuk Dilihat Di Copan Ruinas

  • Plaza Monumen. Plaza terbuka berumput ini adalah salah satu hal pertama yang akan Anda lihat ketika Anda memasuki taman arkeologi. Ini memiliki banyak patung Maya yang menakjubkan tersebar di sekitar area, dan ada platform berbentuk piramida yang dapat Anda panjat untuk pemandangan Copan yang lebih baik.
  • Lapangan bola. Orang Mesoamerika menyukai permainan bola mereka, jadi tentu saja ada lapangan bola di Copan. Ini adalah salah satu lapangan bola terbesar yang pernah dibangun oleh bangsa Maya. Kemudian, jangan lupa untuk melihat ke bawah ke lapangan bola dari atas di acropolis. Ini adalah salah satu foto paling ikonik dari Copan Ruinas!
  • Tangga Hieroglif. Tangga batu ini memiliki 63 anak tangga dan 1.800 mesin terbang, menjadikannya teks hieroglif terpanjang yang diketahui dari peradaban Maya. Teks ini masih direkonstruksi hari ini.
  • akropolis. Akropolis adalah jantung Copan. Ini dibagi menjadi pengadilan timur dan barat dengan banyak ukiran batu, patung, dan kepala terputus dari patung-patung yang telah jatuh. Beberapa dari angka-angka ini tidak terlalu jelas pada awalnya, jadi luangkan waktu Anda atau Anda mungkin melewatkannya!

Patung penguasa Maya kuno di Reruntuhan Copan

• Burung Beo Di Reruntuhan Copan

Anda dapat melihat banyak burung beo merah yang menakjubkan di Copan Ruinas! Ini adalah macaw merah, burung nasional Honduras, dan mereka suka nongkrong di pohon-pohon dekat pintu masuk taman arkeologi.

Burung-burung itu liar, jadi harap diingat untuk tidak menyentuh atau memberi mereka makan. Mereka memiliki paruh yang tajam dan saya yakin mereka bisa melakukan beberapa kerusakan jika mereka mau. Mereka juga membutuhkan diet khusus agar tetap sehat seperti di alam liar.

Selama Anda tidak mengganggu mereka, burung beo di Copan Ruinas sangat santai, dan mudah untuk mendekati mereka dan mengambil beberapa foto yang bagus. Mereka dapat dilihat di mana saja di reruntuhan, tetapi di dekat pintu masuk umumnya merupakan tempat terbaik untuk melihatnya.

Jika Anda ingin melihat lebih banyak burung beo di Honduras, Anda dapat mengunjungi Taman Burung Gunung Macaw, yang tidak jauh di utara kota Copan Ruinas.

Anda dapat melihat banyak burung beo di Copan Ruinas

Macaw merah di puncak pohon

• Biaya Masuk

  • Situs Arkeologi: $ 15 USD (370 lempira Honduras)
  • Terowongan (Opsional): $15 USD
  • Museum (Opsional): $7 USD
  • Panduan (Opsional): $30 – $40 USD per grup

Saat ini, Anda dapat membayar biaya masuk Copan Ruinas dengan uang tunai atau kartu kredit. Saya menggunakan kartu kredit Visa asing tanpa masalah.

•Buka

Reruntuhan Maya buka tujuh hari seminggu, setiap hari sepanjang tahun, dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Ini termasuk museum dan terowongan.

Reruntuhan tertutup hutan

Waktu Terbaik Untuk Mengunjungi Copan Ruinas Honduras

Pagi hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Copan Ruinas karena Anda dapat menghindari beberapa panas dan keramaian.

Pada siang hari, suhu bisa mencapai 32 ° Celcius (90 ° Fahrenheit), jadi jauh lebih menyenangkan untuk menjelajahi reruntuhan di pagi hari ketika masih relatif dingin. Ketika saya mulai berkeliling reruntuhan sekitar jam 9 pagi, tidak ada terlalu banyak turis sama sekali, tetapi pergi di kemudian hari adalah cerita yang sangat berbeda!

Setiap bulan tidak apa-apa untuk mengunjungi Copan Ruinas. Musim hujan di bagian Honduras ini berlangsung dari Mei hingga Oktober, jadi Anda lebih mungkin menghadapi hujan di bulan-bulan itu. Namun, itu memberi reruntuhan latar belakang hijau dedaunan hutan yang bagus, jadi itu nilai tambah, terutama jika Anda berencana untuk mengambil gambar.

Musim kemarau di Copan Ruinas berlangsung dari November hingga April, jadi bulan-bulan ini memiliki peluang terbaik untuk cuaca cerah dan cerah. Suhu juga sedikit lebih dingin dan lebih mudah dikelola dari November hingga Januari, dengan tertinggi siang hari kurang dari 26 ° Celcius (80 ° Fahrenheit).

Detail dinding di dekat lapangan bola

Sejarah Copan Ruinas Honduras

Copán kuno dihuni oleh orang-orang Amerika Tengah selama lebih dari 2.000 tahun, dan itu adalah ibu kota Maya yang kuat dari abad ke-5 hingga ke-9 Masehi.

Selama masa ini, Copan berkembang dan menjadi hotspot budaya dengan kemajuan dalam matematika, astronomi, dan penulisan hieroglif. Pada puncaknya, lebih dari 20.000 orang tinggal di daerah Copan, dan kerajaan mereka meliputi area seluas lebih dari 250 kilometer persegi (100 sq mi).

Untuk alasan yang tidak diketahui, populasi Copan menurun drastis pada abad ke-8 dan ke-9, dan kerajaan secara bertahap melemah dan runtuh. Gempa bumi dan alam juga mengambil korban pada apa yang tersisa dari bangunan.

Pada saat Spanyol tiba di abad ke-16, Copan sudah lama ditinggalkan. Reruntuhan itu ditemukan kembali pada tahun 1570 oleh Diego García de Palacio, tetapi Copan tidak digali sampai abad ke-19.

Sejak 1980, Copan diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO karena seni, arsitektur, dan signifikansi historisnya yang luar biasa. Hari ini, ini adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi jika Anda bepergian di Honduras!

Apakah Reruntuhan Copan Aman?

Honduras tidak memiliki reputasi besar untuk keselamatan, tetapi daerah Copan Ruinas dikenal sebagai salah satu bagian teraman dari daratan. Itu berlaku untuk kota kecil kuno Copan Ruinas, serta reruntuhan Maya yang sebenarnya di luar kota.

Orang-orang yang pergi ke Copan akan memberi tahu Anda bahwa ini adalah tempat yang cukup aman untuk dikunjungi, dan saya harus setuju berdasarkan pengalaman saya sendiri sebagai pelancong solo. Saya membawa kamera Fuji saya dan mengambil banyak gambar di reruntuhan Maya, tetapi saya menyembunyikannya diam-diam di tas saya ketika saya berjalan di sekitar kota atau di reruntuhan.

Memang benar bahwa Honduras memiliki salah satu tingkat pembunuhan tertinggi di dunia, tetapi tampaknya sebagian besar dari ini adalah dari geng narkoba yang saling berkelahi, dan kekerasan lainnya di kota-kota besar. Wisatawan umumnya bukan target. Itu tidak berarti kita kebal terhadapnya, tetapi tempat utama untuk berhati-hati adalah di kota-kota besar seperti Tegucigalpa dan San Pedro Sula.

Banyak turis internasional datang ke Copan Ruinas setiap tahun, dan saya belum pernah mendengar laporan terbaru tentang kejahatan, perampokan, atau kekerasan terhadap wisatawan. Saya akan memperbarui panduan perjalanan ini jika ada perubahan. Secara keseluruhan, saya pikir itu cukup aman.

Jika Anda menginginkan ketenangan pikiran ekstra, Anda juga bisa membawa sabuk perjalanan tersembunyi (seperti ini di Amazon) dan memasukkan beberapa barang berharga Anda ke dalamnya. Itulah yang saya lakukan dengan telepon, uang tunai, dan kartu kredit saya pada kunjungan pertama saya ke Honduras.

Macaw ramah berjalan di lapangan di Copan

Tips Lain Untuk Copan Ruinas Honduras

  • Tempat Menginap: Ada banyak hotel yang aman dan nyaman di kota Copan Ruinas. Saya menginap di Hotel La Escalinata, yang memiliki pemilik yang ramah, sarapan gratis, dan pemandangan hutan dari teras. Dua pilihan bagus lainnya adalah Hostel Iguana Azul atau Terramaya Boutique Hotel.
  • Tempat Makan: Ada banyak restoran bagus untuk dipilih di kota Copan. Favorit saya adalah Los Asados dekat pusat kota, yang memiliki makanan enak dan porsi besar! Saya mendapat daging campur dengan ayam, daging sapi, dan sosis, ditambah sisi pisang raja dan kacang goreng ulang. Beberapa tempat makan enak lainnya adalah Sol de Copán, Cafe Via Via, dan kafe Mayan Harvest.
  • Apa yang Harus Dipakai: Berpakaian untuk daerah tropis! Suhu bisa panas dan lembab di sini di siang hari, jadi Anda pasti ingin memiliki pakaian musim panas yang ringan. Saya memakai celana pendek dan sandal jepit. Ingatlah untuk berpakaian sopan karena Copan adalah tempat yang penting bagi penduduk setempat.
  • Mata uang: Beberapa tempat menerima kartu kredit, termasuk reruntuhan Maya, di mana Anda dapat menggunakan kartu Anda untuk membayar biaya masuk. Namun, banyak tempat di kota hanya uang tunai, termasuk banyak hotel dan restoran. Bawalah uang tunai jika Anda membutuhkannya. Anda dapat membayar dalam lempira Honduras atau dolar AS.
  • ATM: Jika Anda kehabisan uang tunai, ada bank dengan ATM yang berfungsi di kota Copan Ruinas.

Lebih banyak ukiran di akropolis Copan

  • Pemandu Wisata: Selalu ada pemandu lokal untuk disewa berdiri di sekitar pintu masuk ke taman arkeologi Copan. Perkirakan untuk membayar sekitar $30 – $40 USD per grup, tetapi harga dapat bervariasi tergantung pada ukuran grup Anda.
  • Kamar mandi: Ada toilet umum di pintu masuk taman, tetapi tidak ada kamar mandi begitu Anda sampai di reruntuhan, jadi Anda harus mengurus bisnis sebelum mulai berkeliling reruntuhan.
  • Makanan Ringan &; Minuman: Ada toko-toko kecil di pintu masuk ke taman di mana Anda dapat membeli makanan ringan dan minuman. Saya mendapat air kemasan di sini setelah seharian berkeliling reruntuhan.
  • Layanan Seluler: Ada layanan seluler di taman Copan jika Anda perlu menelepon atau mengirim pesan teks. Ini berguna jika Anda mengharapkan sopir menjemput Anda setelah berkeliling reruntuhan.
  • Drone: Mereka tidak mengizinkan drone di reruntuhan Maya. Mereka cukup ketat tentang hal ini, jadi saya tidak akan merekomendasikan membawa drone sama sekali.
  • Semprotan Serangga: Saya tidak melihat ada serangga atau nyamuk di Copan selama musim kemarau, tetapi masih merupakan ide yang baik untuk menerapkan semprotan serangga untuk berjaga-jaga. Ini terutama benar jika Anda berkunjung di musim hujan, ketika kemungkinan akan ada lebih banyak bug. Malaria tidak menjadi masalah di Copan. Saya tidak akan mengambil anti-malaria.
  • Satwa liar: Jelas ada burung beo (scarlet macaws) di Copan Ruinas, dan Anda dapat melihat banyak jenis burung berwarna-warni lainnya di puncak pohon juga. Jika beruntung, Anda mungkin juga melihat monyet atau hewan lain di daerah tersebut.

Tangga hieroglif

Apakah Reruntuhan Copan sepadan?

Saya menikmati Copan Ruinas meskipun perjalanannya agak panjang dan membosankan. Saya mungkin tidak akan memberi peringkat reruntuhan Maya ini di sana dengan sesuatu yang sangat epik seperti Tikal Guatemala, tetapi saya sudah pernah melihat Tikal sebelumnya, dan ini adalah sesuatu yang baru.

Salah satu hal baik tentang lokasi Copan yang agak terpencil adalah membuatnya tidak terlalu turis atau ramai. Maksud saya tentu, ada banyak hotel dan restoran yang nyaman, dan Anda mungkin akan melihat wisatawan internasional lainnya ketika Anda berkunjung, tetapi seluruh area masih kuno dan rasanya seperti Anda berada di luar jalur, yang saya sukai.

Secara keseluruhan, jika Anda menikmati situs arkeologi, budaya, sejarah, dan satwa liar, maka saya pikir Copan Ruinas pasti patut dikunjungi!

Plaza monumen

Lebih banyak hal yang dapat dilakukan di Copan Ruinas

Jika Anda mencari lebih banyak hal untuk dilakukan di daerah Copan Ruinas, berikut adalah beberapa ide:

  • Taman Burung Gunung Macaw. Taman konservasi yang bagus di mana Anda bisa dekat dengan beberapa burung berwarna-warni! Mereka memiliki burung beo, toucans, dan burung eksotis lainnya.
  • Lunar Jaguar Hot Spring. Mata air panas santai yang dirancang dengan tema Maya yang menyenangkan, dan pengaturan hutan yang indah.
  • Tempat Teh &; Cokelat. Tempat pendidikan di pinggir kota tempat Anda dapat mencicipi dan membeli teh, cokelat, dan saus pedas buatan Honduras.
  • Museo de Arqueología Maya. Sebuah museum arkeologi di pusat kota dengan banyak barang Maya, termasuk patung, kerangka, pot dan piring, dan karya seni lainnya.

Lebih Banyak Tips Perjalanan Amerika Tengah

Terima kasih telah melihat! Saya harap Anda menikmati panduan perjalanan ini untuk reruntuhan Maya di Reruntuhan Copan di Honduras.

Jangan lupa untuk memeriksa posting blog perjalanan saya yang lain untuk Amerika Tengah dan Amerika Selatan sebelum Anda pergi!

Selamat bepergian!

ShareFacebookTwitterPinterestEmail

Anda mungkin juga menyukai

November 9, 2023Oktober 21, 2023Oktober 8, 2023Oktober 8, 2023Oktober 7, 2023Oktober 7, 2023

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *