Kenaikan Gunung Api Santa Ana Di El Salvador (Ilamatepec)

1.2K

Pendakian gunung berapi Santa Ana adalah salah satu pengalaman paling menakjubkan di El Salvador, dengan danau kawah super berwarna yang dapat berubah biru atau hijau tergantung pada hari. Ini benar-benar menakjubkan, terutama jika Anda belum pernah melihat gunung berapi aktif sebelumnya.

Juga dikenal dengan nama Volcán Ilamatepec, ini adalah gunung berapi tertinggi di El Salvador, tetapi pendakian ke puncak tidak terlalu sulit sama sekali. Anda tidak perlu super fit, menjadikannya pendakian gunung berapi yang bagus untuk pemula.

Yang terbaik dari semuanya, gunung berapi Santa Ana terletak di taman nasional yang dapat diakses dan mudah dijangkau dari kota Santa Ana atau San Salvador, ibu kota El Salvador. Semua hal ini digabungkan untuk menjadikannya salah satu kegiatan daftar ember terbaik di Amerika Tengah.

Blog perjalanan ini akan menjelaskan cara menuju ke gunung berapi Santa Ana di El Salvador, cara melakukan pendakian dengan atau tanpa pemandu, dan semua hal lain yang perlu Anda ketahui sebelum pergi!

Contentshide1)Fakta Singkat Santa Ana*2)Cara Menuju Gunung Berapi Santa Ana Di El Salvador3)Cara Menuju ke Sana Dari San Salvador4)Tur Santa Ana El Salvador Terbaik5)Kenaikan Gunung Berapi Santa Ana: Apa yang Diharapkan6)• Seberapa Sulit Kenaikan Gunung Api Santa Ana?7)• Bisakah Anda Mendaki Tanpa Pemandu?8)• Biaya Panduan & Tiket Masuk9)• Apa yang Harus Dibawa10)Apakah Gunung Api Santa Ana Aman?11)Tips Lain Untuk Mendaki Santa Ana12)Waktu Terbaik Untuk Mendaki Santa Ana Volcano13) Apakah Pendakian Santa Ana Layak?14)Lebih Tips
Perjalanan Amerika Tengah

Fakta Singkat Santa Ana*

  • Jarak: 7 kilometer (4,3 mil) pulang pergi
  • Keuntungan Ketinggian: 465 meter (1,525 kaki)
  • Ketinggian Atas: 2.381 meter (7.812 kaki)
  • Durasi: 2 – 4 jam pulang pergi
  • Tingkat kesulitan: Mudah / Sedang

Pendakian Gunung Api Santa Ana

Bagaimana Untuk Menuju Gunung Berapi Santa Ana Di El Salvador

Gunung berapi Santa Ana terletak di El Salvador barat, di Taman Nasional Cerro Verde. Anda bisa sampai di sana dengan bus, mobil, atau tur, tergantung di mana Anda tinggal di El Salvador.

Jika Anda tinggal di kota Santa Ana dan berencana untuk pergi dengan bus, Anda harus naik bus # 248 dari stasiun bus La Vencedora (peta di sini), yang berangkat pukul 7:30 pagi dan memakan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke gunung berapi.

Biaya bus adalah $ 1 USD per orang dan Anda harus tiba lebih awal untuk membeli tiket. Untuk perjalanan kembali ke kota, Anda dapat naik bus pada pukul 13:30, atau yang terakhir adalah pada pukul 16:30.

Pilihan lainnya adalah memesan sopir atau tur dari kota Santa Ana. Saya tinggal di Hostal Las Puertas dan staf di sana dapat mengatur sopir untuk membawa saya ke gunung berapi pada hari berikutnya. Saya berbagi van dengan satu pelancong lain, dan biaya saya sangat masuk akal $ 21 USD.

Ini tidak termasuk panduan atau biaya masuk untuk kenaikan, tetapi mencakup semua transportasi untuk hari itu, termasuk kunjungan ke Danau Coatepeque setelah kenaikan kami.

Cara Menuju Lokasi Dari San Salvador

Jika Anda tinggal di kota San Salvador, tidak ada pilihan bus langsung ke gunung berapi. Anda harus naik bus ke kota Santa Ana, menginap, dan kemudian melakukan pendakian keesokan harinya, atau memesan tur sehari ke gunung berapi yang mencakup transportasi dari San Salvador.

Jika Anda tinggal di pantai El Tunco, sekali lagi, tidak ada bus langsung ke gunung berapi Santa Ana, tetapi Viator memiliki tur sehari ke gunung berapi Santa Ana dengan transportasi ke dan dari El Tunco atau di mana saja di daerah La Libertad.

Melakukannya seperti ini sedikit lebih mahal, tetapi ini adalah cara termudah dan paling nyaman untuk melakukannya jika Anda tinggal di luar kota Santa Ana dan Anda hanya ingin langsung pergi ke gunung berapi dari San Salvador atau El Tunco.

Jika tidak, jika Anda memiliki sedikit waktu ekstra, Anda dapat naik bus dari salah satu daerah ini ke kota Santa Ana, dan kemudian mendaki gunung berapi keesokan harinya.

Danau kawah Santa Ana yang spektakuler

Tur Santa Ana El Salvador Terbaik

Jika Anda baru saja tiba di El Salvador dan ingin sampai ke gunung berapi secepat mungkin, GetYourGuide memiliki tur gunung berapi Santa Ana sehari penuh dengan penjemputan dari hotel atau tempat tinggal mana pun di San Salvador.

Tur ini termasuk pemandu hiking bilingual Inggris dan Spanyol, dan semua biaya masuk untuk taman nasional. Jika Anda ingin melewatkan waktu dan kerumitan yang terlibat dalam mendapatkan bus ke Santa Ana, maka tur ini mungkin adalah taruhan terbaik Anda.

Kami telah menggunakan GetYourGuide untuk banyak tur dan aktivitas di seluruh dunia, dan semuanya luar biasa. Sangat dianjurkan!

Pesan Sekarang: Tur Gunung Api Santa Ana Dari San Salvador

Kenaikan Gunung Api Santa Ana: Apa yang Diharapkan

Ketika Anda tiba di gunung berapi Santa Ana, semua orang akan digiring ke dalam kelompok dan diberi pemandu lokal. Panduan ini merupakan persyaratan resmi untuk pendakian ini, meskipun bisa dibilang tidak diperlukan (lebih lanjut tentang itu nanti).

Ada satu pemandu yang ditugaskan untuk setiap 10 orang atau lebih, dan dia akan menemani kelompok Anda dan membawa Anda ke puncak gunung berapi dan kembali. Panduan ini lambat dan mudah diikuti. Mereka akan memberi Anda banyak istirahat untuk beristirahat di sepanjang jalan.

Pendakian dimulai dengan briefing singkat dalam bahasa Spanyol di mana mereka menjelaskan biaya dan mengingatkan semua orang untuk tidak membuang sampah sembarangan, membawa speaker yang berisik, atau membawa senjata. Jika Anda tidak mengerti bahasa Spanyol, Anda tidak akan melewatkan terlalu banyak dari briefing.

Tanjakan berbatu tapi jinak di dekat puncak Ilamatepec

Pada dasarnya ada dua bagian untuk mendaki gunung berapi Santa Ana. Untuk bagian pertama, Anda akan mendaki melalui hutan teduh ke batas taman nasional, di mana stan resmi dan Anda akan membayar tiket untuk memasuki taman.

Untuk bagian kedua pendakian, jalurnya lebih menanjak dan hutan secara bertahap akan berubah menjadi lanskap vulkanik berbatu tanpa pohon atau tanaman. Bagian ini sedikit lebih sulit dan Anda berada di bawah sinar matahari sepanjang waktu.

Sepanjang jalan, ada beberapa sudut pandang yang bagus untuk dinikmati, termasuk menara pengintai yang dapat Anda panjat, meskipun saya pikir lebih baik menghemat energi Anda dan mungkin melakukan menara dalam perjalanan kembali.

Sepanjang pendakian, ada pemandangan gunung berapi lain yang hampir konstan tidak terlalu jauh. Itulah Volcan de Izalco, yang merupakan salah satu gunung berapi ikonik El Salvador!

Danau hijau berasap di kawah Santa Ana. Aneh dan indah!

Santa Ana adalah pendakian yang sangat populer, jadi Anda akan selalu berada di sekitar orang-orang. Bagian atas sangat ramai, tetapi jika Anda terus berjalan di sepanjang tepi kawah maka Anda masih dapat menemukan tempat yang bagus untuk mengambil gambar tanpa orang menghalangi pandangan.

Danau belerang hijau yang menggelegak benar-benar menakjubkan dan mengingatkan saya pada Gunung Ijen di Indonesia. Kami memiliki cuaca cerah yang sempurna, dan saya berharap saya membawa drone saya!

Hati-hati di tepi kawah, karena rasanya tampak kurang curam daripada yang sebenarnya, dan jatuh ke kawah akan menjadi cara yang buruk untuk pergi. Polisi akan meniup peluit mereka ke arah Anda jika mereka melihat Anda terlalu dekat dengan tebing.

Sementara itu, ada beberapa pria lokal yang ramah menjual es loli di bagian atas, yang bisa menjadi hadiah yang menyenangkan setelah mendaki. Bawalah uang tunai kecil dalam tagihan Dolar AS jika Anda berencana untuk membelinya!

Pemandu trekking hanya memungkinkan Anda untuk tetap berada di puncak selama sekitar 30 hingga 45 menit sebelum turun, jadi rasanya agak terburu-buru. Itu satu-satunya keluhan saya. Saya ingin menghabiskan setidaknya satu atau dua jam di sana!

Ingatlah untuk berhati-hati dan perhatikan langkah Anda di dekat tepi kawah

• Seberapa Sulit Apakah The Santa Ana Volcano Hike?

Pendakian gunung berapi Santa Ana tidak terlalu sulit, bahkan jika Anda bukan pejalan kaki biasa atau dalam kondisi sangat baik.

Saya akan mengatakan jika Anda dapat mendaki bukit di atas tanah dan batu selama sekitar 1,5 jam, dengan banyak istirahat bercampur di sana, maka kenaikan ini tidak akan menjadi masalah bagi Anda sama sekali. Kebanyakan orang dapat mencapai puncak gunung berapi dalam 1 hingga 2 jam, tergantung pada kecepatan mereka. Pendaki cepat dapat mencapai puncak dalam 1 jam atau kurang.

Bagian atas Santa Ana tidak cukup tinggi untuk menyebabkan penyakit ketinggian, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang itu. Jarak satu arah ke kawah adalah sekitar 3,5 kilometer (2.2 mil), dengan kenaikan ketinggian 465 meter (1.525 kaki).

Secara keseluruhan, ini sangat mudah dibandingkan dengan sesuatu seperti kenaikan Acatenango di Guatemala. Gunung berapi ini bahkan tidak dalam kategori yang sama dengan yang itu.

Kembali turun dari gunung berapi Santa Ana bahkan lebih cepat dan lebih mudah karena semuanya menurun, meskipun Anda ingin melihat langkah Anda sehingga Anda tidak tergelincir di bebatuan lepas.

Pendakian gunung berapi Santa Ana tidak terlalu sulit dan kebanyakan orang tidak akan memiliki masalah dengan itu.

• Bisakah Anda Mendaki Tanpa Pemandu?

Secara resmi, pemandu diperlukan untuk pendakian Santa Ana, dan mereka tidak akan membiarkan Anda naik tanpanya.

Kadang-kadang Anda mungkin dapat menghindari persyaratan ini dengan datang lebih awal di ujung jalan setapak dan memulai pendakian tanpa pemandu melihat Anda, tetapi orang-orang telah melaporkan keberhasilan yang terbatas dengan ini.

Jejaknya cukup mudah diikuti, jadi panduan sejujurnya tidak diperlukan. Kebanyakan dari mereka hampir tidak bisa berbahasa Inggris, dan Anda akan mengikuti arus pejalan kaki sepanjang waktu, jadi hampir tidak mungkin tersesat.

Saya mengerti mengapa itu mengganggu beberapa orang untuk dipaksa menyewa pemandu, tetapi harganya benar-benar tidak terlalu buruk ($ 3 / orang) dan Anda dapat menganggapnya sebagai cara yang bagus untuk memberikan kembali kepada negara dan orang-orang El Salvador.

• Panduan &; Biaya Masuk

  • Biaya Parkir (Self Drive): USD 2 USD
  • Biaya Masuk (Orang Asing): $ 6 / orang
  • Biaya Masuk (Penduduk Lokal): $ 3 / orang
  • Biaya Panduan (Bersama): $ 3 / orang
  • Biaya Panduan (Pribadi): ~$35 (dapat dinegosiasikan)

Semua biaya di gunung berapi Santa Ana hanya tunai (Dolar AS). Mereka tidak memiliki cara untuk menerima kartu kredit atau pembayaran online.

Ketika Anda melihat tanda ini, Anda berada di dekat puncak gunung berapi. Selamat!

• Apa yang Harus Dibawa

  • Lapisan: Jaket ringan bagus untuk dibawa karena bisa sejuk dan berangin di puncak gunung berapi, terutama jika mendung. Jika matahari terbit, Anda bisa melepaskan jaket.
  • Alas kaki: Sepatu apa pun akan berfungsi untuk mendaki gunung berapi Santa Ana. Anda tidak perlu sepatu hiking top of the line. Saya akan menghindari memakai sandal jepit, karena Anda akan berjalan di atas kerikil licin beberapa waktu.
  • Perlindungan Matahari: Dengan ketinggian tinggi di Ilamatepec, Anda bisa mendapatkan luka bakar di sini pada hari yang cerah, jadi Anda akan ingin memakai topi dan tabir surya.
  • Air: Bawalah banyak air untuk diminum. Pada hari-hari panas Anda akan membutuhkan lebih banyak. Tidak ada aliran air untuk diambil saat mendaki, tetapi ada kedai minuman yang dikelola oleh penduduk setempat di dekat pintu masuk di mana Anda dapat membeli air kemasan, Gatorade, dan makanan ringan jika Anda membutuhkannya.

Apakah Gunung Api Santa Ana Aman?

Meskipun negara El Salvador memiliki beberapa masalah keamanan, gunung berapi Santa Ana umumnya cukup aman dalam hal kejahatan.

Mereka memeriksa tas semua orang untuk senjata pada awal pendakian, dan ada penjaga bersenjata (polisi) di bagian atas dan bawah gunung berapi untuk mengusir perampok. Ini mungkin tidak memberi Anda getaran terbesar, tetapi masih diperlukan saat ini karena situasi kejahatan El Salvador, dan mereka ingin menjaga pejalan kaki tetap aman di sini.

Dengan mengatakan bahwa, banyak orang mendaki gunung berapi setiap hari dan saya belum pernah mendengar perampokan baru-baru ini atau insiden keselamatan lainnya di sini. Saya akan memperbarui panduan perjalanan ini jika itu berubah. Saya berkunjung sebagai pelancong solo dan menggunakan kamera Fuji saya untuk mengambil gambar di puncak gunung berapi, tetapi saya menyimpannya di dalam tas saya.

Jika Anda menginginkan ketenangan pikiran ekstra, Anda juga bisa membawa sabuk perjalanan tersembunyi (seperti ini di Amazon) dan memasukkan beberapa barang berharga Anda ke dalamnya. Itulah yang saya lakukan dengan telepon, uang tunai, dan kartu kredit saya karena saya tidak menggunakannya selama kenaikan.

Pendakian gunung berapi Santa Ana cukup aman dalam banyak hal

Tentu saja, pertanyaan lain tentang keselamatan adalah gunung berapi itu sendiri, karena itu adalah gunung berapi aktif.

Santa Ana meletus pada Oktober 2005, misalnya, menembakkan batu-batu raksasa seukuran mobil, dan memaksa ribuan penduduk setempat melarikan diri dari daerah tersebut. Sebelum itu, letusan terakhir terjadi pada tahun 1904, jadi agak jarang hal itu terjadi.

Gunung berapi dipantau oleh pemerintah El Salvador untuk setiap aktivitas yang tidak biasa, dan kawah akan ditutup untuk pejalan kaki jika tidak aman. Anda dapat memeriksa pembaruan terkini tentang aktivitas gunung berapi di sini.

Kami masih belum dapat memprediksi dengan sempurna kapan letusan berikutnya akan terjadi di Santa Ana, tetapi itu hanya salah satu risiko yang harus Anda terima ketika Anda mendaki gunung berapi aktif. Secara keseluruhan, saya pikir yang satu ini cukup aman selama Anda mengikuti pembaruan status.

Tips Lain Untuk Mendaki Santa Ana

  • Kamar mandi: Kamar mandi terakhir berada di dekat batas taman nasional, tak lama setelah Anda membayar dan mendapatkan tiket kertas kecil Anda. Anda akan ingin mengurus bisnis toilet apa pun di sini, karena tidak ada kamar mandi dan hampir tidak ada privasi di kemudian hari dalam pendakian.
  • Makanan Ringan &; Minuman: Anda dapat membeli makanan ringan dan minuman di batas taman nasional juga. Ada banyak pilihan, tetapi semuanya harganya sedikit lebih mahal daripada yang Anda bayarkan di kota Santa Ana.
  • Layanan Seluler: Saya memiliki sedikit penerimaan telepon di puncak gunung berapi, jadi Anda mungkin dapat mengirim dan menerima teks di sini jika diperlukan. Tidak terlalu jauh.
  • Satwa liar: Jika Anda beruntung, beberapa hewan yang mungkin Anda lihat di Cerro Verde termasuk coatimundis, rusa, elang, rubah, atau tigrillos (kucing harimau kecil).

Pemandangan Taman Nasional Cerro Verde dan gunung berapi Izalco di kejauhan

Hari yang sibuk di kawah

Waktu Terbaik Untuk Mendaki Gunung Santa Ana

Waktu terbaik untuk mendaki gunung berapi Santa Ana adalah selama musim kemarau di El Salvador, yang berlangsung dari November hingga April. Selama waktu ini, Anda memiliki peluang terbaik untuk cuaca cerah, dengan cara itu Anda dapat melihat danau dan puncak yang tidak tertutup oleh awan dan hujan.

Musim hujan di El Salvador berlangsung dari Mei hingga Oktober, tetapi kemungkinan besar akan turun hujan pada bulan Juni, Juli, Agustus, dan September. Anda masih dapat mendaki Santa Ana selama bulan-bulan ini, tetapi itu tidak ideal karena Anda mungkin tidak dapat melihat apa pun jika terlalu berawan. Dan jika ada badai atau hujan lebat, maka semua pendakian dapat dibatalkan untuk hari itu.

Namun, karena Anda berurusan dengan gunung, cuaca tidak sepenuhnya dapat diprediksi setiap saat sepanjang tahun, dan Anda bisa mengalami cuaca buruk di musim kemarau atau cuaca baik di musim hujan.

Apakah Kenaikan Santa Ana Layak?

Ya, kenaikan Santa Ana sangat berharga. Jika Anda belum pernah mendaki gunung berapi aktif sebelumnya, ini adalah tempat yang bagus untuk memulai karena relatif mudah dan pemandangan danau belerang menakjubkan.

Santa Ana dengan mudah adalah pendakian hari terbaik di El Salvador, dan sebagai bonus, Anda juga dapat mengatakan bahwa Anda mendaki gunung berapi tertinggi di El Salvador juga! Ini lebih dari sepadan dengan usaha!

Pendakian gunung berapi Santa Ana adalah pengalaman yang luar biasa. Jangan sampai ketinggalan!

Lebih Banyak Tips Perjalanan Amerika Tengah

Terima kasih telah melihat! Saya harap Anda menikmati panduan ini untuk mendaki gunung berapi Santa Ana (juga dikenal sebagai Ilamatepec) di El Salvador.

Jangan lupa untuk memeriksa posting blog perjalanan saya yang lain untuk Amerika Tengah dan Amerika Selatan sebelum Anda pergi!

Selamat bepergian!

ShareFacebookTwitterPinterestEmail

Anda mungkin juga menyukai

Januari 14, 2024Januari 2, 2024Desember 11, 2023Oktober 21, 2023Oktober 10, 2023Oktober 8, 2023

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *